Sunday, March 24, 2013

Liga KG Garap Statistik Secara Serius

 

JAKARTA, LIGAKG.com - Sepak bola modern tidak lepas dari statistik. Dari data yang diperoleh, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Bagi klub dan pemain, data statistik bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki penampilan dan menganalisis kekuatan lawan. Sedangkan bagi pihak umum, statistik bisa menjadi informasi mengenai kompetisi.


Hal ini disadari benar oleh pihak pengelola Liga Kompas Gramedia (LKG) U-14 2013. Meski hanya kompetisi level usia dini, pengelolaan statistik dilakukan secara serius. Keseriusan itu terlihat dari dibentuknya tim statistik khusus untuk menyediakan data konkrit terkait pertandingan.

"Secara garis besar, data yang diolah terbagi antara fisik, teknik, dan taktik. Musim ini, data statistik yang diolah lebih spesifik dari sebelumnya. Tahun lalu, statistik yang dihitung masih umum seperti jumlah passing dan tembakan. Tahun ini, kami menghitungnya lebih detail seperti umpan yang berhasil dan gagal, atau proses tembakan diawali dari kaki kanan atau kiri. Kira-kira seperti itu," ujar Yogi Yulian, leader tim statistik LKG U-14 2013.

Pekerjaan Yogi cs tidaklah mudah. Ketelitian menjadi faktor utama agar data yang diperoleh tidak keliru. Untuk itu, selain mencatat statistik langsung, tim statistik juga dibantu empat kamera yang merekam pertandingan.

"Sebagai manusia, kita pasti bisa melakukan kesalahan. Kadang, cuaca panas dan keletihan membuat konsentrasi terganggu. Ini merupakan tantangan kami untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari," jelasnya lagi.

Hasil statistik yang didapatkan tim beranggotakan 11 orang ini nantinya menjadi bahan masukan bagi pihak klub. "Setiap beberapa minggu, ada pertemuan antara klub dengan panitia. Nantinya, hasil data dibagikan kepada klub agar mereka bisa melakukan perbaikan. Data ini juga digunakan tim pemandu bakat untuk menilai pemain," bilang Yogi.

Sayangnya, hasil pekerjaan tim statistik ini baru bisa digunakan oleh peserta. Sebab, pengelola belum memasukkan data tersebut di situs resmi kompetisi, www.ligakg.com. Padahal, data tersebut bisa berguna bagi publik yang ingin mengukur kualitas tim, pemain, dan kompetisi.

Meski begitu, upaya yang dilakukan pengelola wajib diacungi jempol. Sebab, kompetisi profesional di Indonesia sekelas Indonesia Super League (ISL) atau Indonesian Premier League (IPL) belum menaruh perhatian serius terhadap pengelolaan data statistik.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...