Sunday, June 9, 2013

Cara Van Gaal 'Memoles' Anak Indonesia

Cara Van Gaal 'Memoles' Anak Indonesia   

TEMPO.CO, Jakarta--Sebanyak 300 anak memperoleh kesempatan emas untuk berlatih sepak bola di bawah bimbingan Louis Van Gaal, pelatih kepala tim nasional sepak bola Belanda. Pelatih terkenal berusia 61 tahun asal Amsterdam ini memberikan klinik kepelatihan di Lapangan C Gelanggang Olahraga Bung Karno, Jakarta, Kamis 6 Juni 2013 pagi.


"Penting untuk membedakan kelas berdasarkan usia," kata Van Gaal. Menurut dia, pelajar berusia 10 tahun harus dipisahkan dari yang berumur 15 tahun dan diberi porsi latihan berbeda. Selama satu setengah jam, mantan pelatih Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Bayern Muenchen ini berdiri di tepi lapangan dan memberikan arahan.

Van Gaal mengatakan hal terpenting bagi pemain sepak bola adalah bermain sebagai satu tim. "Harus tahu apa yang harus dilakukan dengan atau tanpa bola," katanya dengan muka merah karena kepanasan.

Asisten Pelatih Belanda, Patrick Kluivert, yang mendampingi Van Gaal dalam acara klinik kepelatihan ini, menilai banyak anak Indonesia yang berbakat mengolah si kulit bundar. "Mereka harus diberikan hak untuk bermain bola," kata mantan penyerang yang mengantar Ajax Amsterdam menjadi juara Liga Champions Eropa 1995 ini. Selain Kluivert, Van Gaal ditemani mantan bintang sepak bola Belanda lainnya, yaitu Ruud Gullit dan Danny Blind.

Seusai pelatihan singkat tersebut, peserta mendapat sertifikat yang ditandatangani oleh Van Gaal dan kostum tim nasional Belanda. Seorang peserta, Yusuf Kurnia, 15 tahun, mengatakan memperoleh teknik baru berupa gerakan berputar alias roulette ala Zinedine Zidane. "Bangga bisa dilatih mereka," ujar pelajar sekolah sepak bola Saswco dari Bandung ini.

Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Indra Syafri, mengatakan apa yang diberikan oleh Van Gaal dan kawan-kawan sudah diadopsi Indonesia. "Yang penting konsistensi," katanya. Dia mengatakan klinik kepelatihan oleh atlet sepak bola kelas dunia berguna untuk menghasilkan euforia dan semangat bagi para pemain.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...