Sunday, June 9, 2013

Pelatih SSB Banyak Bodong

foto:ikbal/radarsukabumi SERIUS:Sejumlah pelatih serius mengikuti pelatihan pelatih sepakbola lisensi D, di Aula UMMI, kemarin.
CIKOLE – PSSI Jawa Barat mengadakan pelatihan pelatih sepakbola guna meminamilisir pelatih yang tidak berlisensi. Pelatihan pelatih lisensi D itu diadakan di Aula Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UUMI), kemarin. Pelatihan lisensi D sendiri merupakan bekal dasar seorang pelatih untuk mendapatkan lisensi C, B hingga A.

Inspektur Pelatihan Musarudin mengatakan, pelatihan lisensi D adalah sertifikasi dasar bagi seorang pelatih sepakbola dan bagi pelatih di lingkup SSB di kota masing-masing. Menurutnya, saat ini banyak sejumlah pelatih SSB yang tidak memiliki lisensi. Hanya mengandalkan kemampuan dan pengalamannya. Padahal dalam materi pelatihan ini ada sejumlah materi yang penting baik dari pelatihan fisik, psikologi, teknik dan yang lainnya. “Bagi pelatih sepak bola yang mau ke jenjang lebih tinggi harus memiliki lisensi D,” kata Musarudin, yang juga mantan pelatih Bambang Pamungkas ini.
Selain itu, pelatihan ini adalah sebagai upaya mengembangkan persepakbolaan di Kota/Kabupaten Sukabumi mulai dari tingkat SSB hingga klub. Bagi yang memiliki lisensi D sepakbola ini bisa mejadi assiten pelatih di dalam klub sepak bola. “Sertifikasi lisensi ini dikeluarkan langsung oleh PSSI pusat. Namun dalam pelaksanaannya oleh tingkat provinsi,” ujarnya.
Ditambahkan Wakil Ketua I Bidang Organisasi, Hukum dan Fair Play PSSI Jawa Barat, Irwan Sugiri, keberadaan SSB di Sukabumi saat ini sebanyak sembilan SSB di Kota Sukabumi dan 16 SSB di Kabupaten Sukabumi. Semuanya tergabung dalam Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI) yang nantinya akan diberlakukan kepada seluruh pelatih SSB harus memiliki lisensi atau sertifikasi. “Peserta yang ikut dalam pelatihan ini sebanyak 21 pesrta dari Kota dan Kabupaten Sukabumi, Depok dan Bogor,” kata Irwan.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...