Friday, July 12, 2013

Pertamina Soccer Star Papua diikuti 500 peserta

Pertamina Soccer Star Papua diikuti 500 peserta 


Ajang pencarian bakat Pertamina Soccer Stars (PSS) terhadap 500 anak usia dibawah 14 dan 16 tahun, menyambangi Kota Sorong, Papua. Ratusan anak begitu antusias menjalani seleksi PSS yang digelar di Lapangan Lanal, Sorong, Jumat (05/7) pagi.

Mereka akan bersaing memperebutkan jatah delapan pemain yang berhak ikut Pertamina Soccer camp pada September 2013 nanti di Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya, kegiatan serupa sukses melakukan pencarian bakat di Malang, Balikpapan, Palembang dan Makassar.
Tidak mengherankan jika peminat di Papua begitu tinggi. Pasalnya, Papua dikenal menjadi salah satu pusat pemain muda terbaik Indonesia dan langganan dalam skuad tim nasional Indonesia. Di antaranya, Yohanes Auri, Ronny Wabia, Boaz Salossa, Oktavianus Maniani hingga Ferinando Pahabol.
"Kami sangat kagum dengan bibit-bibit Sorong yang luar biasa. Apalagi, Pertamina banyak melalukan kegiatan di sini seperti pemasaran dan eksplorasi. Animo dan semangat anak Papua sangat besar demi mewujudkan cita-cita mereka di ajang Pertamina Soccer Star kali ini. Selain itu, terdapat 5 anak putri yang ikut ambil bagian," terang Saptiadi Nugroho HR, Manager Marketing Operation Region VIII, Papua, di Lapangan Lanal, Sorong.
"Setelah terjaring delapan wakil pesepakbola muda Sorong yang lolos dalam penyaringan, akan dikumpulkan dengan wakil-wakil dari daerah lainnya seperti Malang, Balikpapan, Palembang, dan Jakarta menjadi 48 pemain. Dari total 48 pemain, akan disaring lagi menjadi 24 pemain untuk digembleng di Pertamina Soccer," lanjut Saptiadi.
Pada kesempatan tersebut, dilanjutkannya, juga diikuti Julius Josel Omkarsba dan Valen Maryar ikut peserta Pertamina Soccer School tahun 2012. Rincian penyaringan Pertamina Soccer Star dengan total 500 peserta, akan kembali dijaring menjadi 180 peserta. Lalu dilanjut disaring menjadi 140. Selanjutnya, sebelum diakhir penyaringan dengan total delapan pemain yang akan dibawa ke Bandung, 40 peserta akan lebih dulu unjuk kebolehan.
"Tidak hanya siapkan sekolah sepakbola untuk anak-anak yang nantinya lolos. Tapi kami juga akan siapkan sekolah formal. Kami tidak mau, hanya bagus di sepakbola tapi lemah di pendidikan formal. Kami akan siapkan beasiswa untu mereka selama tiga tahun," pungkas Saptiadi.
Saat training camp di Bandung nantinya 48 pemain akan dilatih oleh pelatih Pertamina Soccer School yang terdiri dari pelatih AC Milan Academy dan lokal asal Universitas Negeri Jakarta. Pada tahun 2012, tim Pertamina Indonesia All Stars Team Chalenge berhasil menjadi juara di Milan Day Intessa San Paulo di Italia.
Indonesia menjadi negara pertama yang berhasil meraih tiga kali juara berturut-turut. Selain itu dua pemain dari seleksi yang diadakan Pertamina masuk di Timnas U-14 2012 yaitu Handika Bayangkara dan Aziz. Serta Arie Sandy dan M Alfian A ikut ambil bagian menjadi skuad Tim Pelajar Nasional di Thailand.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...