Tuesday, July 23, 2013

Saswco Bandung Bersiap Wakili Asia Tenggara di MU Premier Cup

Liputan6.com, Bandung : Saswco Bandung yang mewakili Asia Tenggara bersiap menuju Inggris untuk berlaga di ajang Manchester United Premier Cup (MUPC) 2013 pada 5 hingga 9 Agustus mendatang. Keikutsertaan Saswco ini merupakan sejarah karena kali pertama tim asal Indonesia masuk arena MUPC setelah bergulir 20 tahun.


"Sebanyak 16 pemain dan tujuh official akan bertolak pada 3 Agustus mendatang," kata Ketua Kontingen Saswco Bandung Budi Rachman Haruman saat berkunjung ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate Bandung, Senin (22/7/13).

Sementara itu, Gubernur Ahmad Heryawan menyemangati skuat Saswco Bandung. "Official dan khususnya para pemain diminta sedikit pun tidak berpikir kalah saat tampil di Stadion Old Trafford, Inggris," ucapnya.

Keberhasilan Saswco, menurutnya, adalah bukti putra Jabar memiliki bakat dan kemampuan besar di bidang sepakbola. "Kita mewakili Asia bersama China, Jepang, dan Korea Selatan. Selanjutnya Saswco akan bertanding bersama tim-tim yang sudah tidak asing lagi di kancah sepakbola dunia, seperti Arsenal, Real Madrid, Boca, dan Manchester United," ujar Hermawan.

Saat ditanya dukungan apa yang akan diberikan pihaknya untuk Saswco, Heryawan menjawab: "Dukungannya itu harus dianggarkan di APBD, kita akan konsolidasi dengan KONI, perusahaan swasta, termasuk dengan Persib. Mungkin kita masih mikir untuk uang saku. Yah, nanti mungkin dengan Pak Umuh, KONI konsolidasi mudah-mudahan bisa patungan bersama."

MUPC digelar pertama kali pada 1993 dengan nama Nike Premier Cup. Awalnya, sebanyak 624 klub seluruh dunia berlaga memperebutkan tiket ke Stadion Old Trafford, markas Manchester United. Pada musim ke-20, MUPC melibatkan sekitar 9.000 tim dari 40 negara.

Setelah melalui seleksi berjenjang, 19 kesebelasan dari 19 negara ditambah satu tim tuan rumah masuk Old Trafford untuk memperebutkan posisi juara. Tim U-15 Swaswco merupakan salah satu di antara empat tim Asia. Tiga tim lain berasal dari negara langganan Piala Dunia: Shandong Luneng FC (China), Omiya Ardija (Jepang), dan Ulsan Hyundai (Korea Selatan).

Indonesia mengirimkan putra terbaiknya sebagai wakil Asia Tenggara di MUPC setelah Saswco menggilas tim Thailand di partai final. Selain juara, Saswco meraih gelar Pemain Terbaik (Gian Zola) dan Top Skor (Wildan). Anak-anak Saswco yang berasal dari berbagai sekolah sepakbola di Jawa Barat akan melawan klub U-15 Borusia Dortmund, AC Milan, Real Madrid, Arsenal, Boca Junior, dan tuan rumah MU.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...