Monday, August 12, 2013

Pelatih Popnas Pantau Pemain di LPI

SAMARINDA - Tim sepak bola proyeksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Kaltim diliburkan sejak 5 Agustus hingga awal September nanti. Namun, sebagian besar pemain tetap berlatih, karena akan berkompetisi di Liga Pendidikan Indonesia (LPI) di Balikpapan mulai 26 Agustus nanti. Untuk sementara, fokus pemain akan terpusat di LPI untuk membela sekolah masing-masing.
 
Ajang LPI ini juga dimanfaatkan pelatih sepak bola Popnas Kaltim, Suwandi, untuk pemantauan pemain. Meski saat ini sudah memiliki 16 pemain sesuai yang disyaratkan panitia Popnas, Wandi--sapaan akrabnya--tetap memantau pemain di ajang LPI. “Kita pantau saja, siapa tahu ada pemain yang bagus-bagus,” ungkap Wandi.
 
Bukannya tanpa alasan Wandi melakukan pantauan. Sebab, skuad yang ada saat ini masih berpotensi untuk dilakukan penggantian pemain. Sebab, tim memerlukan skuad yang benar-benar kuat, untuk bersaing di ajang nasional khusus pelajar ini. 
 
"Ya, kalau ada yang tidak memenuhi kriteria, khususnya menyangkut kedisiplinan, maka kita ganti. Meskipun dia pemain bagus sekalipun, kalau tidak disiplin saya akan ganti. Makanya, kita pantau di LPI nanti," tegasnya.
 
Wandi mengatakan, timnya saat ini sudah melakoni empat kali uji coba. Dari seluruh uji coba itu timnya memetik kemenangan. Namun, dirinya tak melihat hasil akhir, melainkan perkembangan organisasi permainan dari tiap-tiap uji coba yang dilakoni. Secara kualitas, dirinya melihat sudah ada perkembangan meski harus melakukan pembenahan agar benar-benar siap tampil di Popnas.
 
“Anak-anak mulai pahami instruksi saya. Mereka sudah tahu bagaimana mengorganisasi permainan, bermain secara kolektif dan menanggalkan egonya. Permainan seperti ini yang saya harapkan,” terangnya.
 
Lebih lanjut, di Popnas nanti persaingan sangat ketat. Kaltim yang untuk pertama kalinya lolos akan berhadapan dengan tim kuat asal Sulawesi, Jawa dan Papua. “Saya sudah lihat bagaimana permainan mereka saat Popwil. Mereka memang bagus-bagus dan bermain keras. Kalau persiapan kita tidak maksimal, jangan harap kita bisa berbicara banyak di Popnas nanti,” pungkasnya. 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...