Wednesday, August 28, 2013

Posisi "Kecelakaan" yang Membawa Boyke Keliling Dunia

Posisi TRIBUNNEWS.COM - Menjadi kiper adalah "kecelakaan" bagi Boyke Adam.
Tapi, siapa sangka justru posisi itu yang membuatnya keliling dunia.

Awal merintis karier sebagai pesepak bola saat duduk dibangku SMP, Boyke menempati posisi striker. Namun, saat mengikuti kompetisi antar SMP, kiper tim sekolahnya cedera. Lantaran tidak ada lagi kiper cadangan, Boyke ditunjuk sebagai kiper oleh gurunya. Boyke tanpa ragu mengemban tugas baru tersebut dengan senang hati.
"Saya masih ingat sebelum ganti posisi jadi kiper, dalam pertandingan itu saya sempat membuat dua gol. Tiba-tiba saya dipasang sebagai kiper, ternyat hasilnya bagus. Saya tidak kebobolan," kata Boyke dilansir Persib.co.id.
Nyatanya, mantan siswa SSB UNI ini lebih berbakat sebagai kiper. Pelatihnya pun terus mengarahkan Boyke menjadi kiper andal hingga di tahun yang sama, dia menjadi pemain Persib Bandung Yunior. Sejak saat itu, kiper menjadi posisi sejatinya.
"Di UNI, saya ditempa oleh Agus Dharmaji dan R.A Kosasih, saat itu kebetulan UNI juga sedang krisis kiper, saat akan mengikuti kompetisi internal Persib yang diikuti 22 klub. Alhamdulillah, melalui kompetisi itu saya berhasil masuk Persib yunior," tutur pria kelahiran Bandung, 8 Januari 1959 ini.
Bersama Persib Yunior, prestasi Boyke makin cemerlang. Ia direkrut tim pelajar Indonesia ke kejuaraan pejalar Asia, melawan Myanmar dan Thailand.
Bersama generasi emas Persib pada era 1980-an, Boyke menjajal tim nasional berbagai negara Asia. Ia pun sempat melancong ke Uni Emirat Arab. Kini, Boyke aktif dalam pembinaan kiper usia dini di Pengprov PSSI Jabar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...