Tuesday, September 3, 2013

SMP 8 Balikpapan, SMK 1 Bontang, Unmul Wakili Kaltim ke LPI Nasional

BALIKPAPAN – Turnamen sepak bola Liga Pendidikan Indonesia (LPI) IV 2013 Tingkat Provinsi Kaltim yang berlangsung sejak 25 Agustus di lapangan sepak bola Dodikjur Rindam VI/Mlw dan Yonif 600 Raider, Balikpapan Timur, telah berakhir sukses Sabtu (31/8) kemarin. Tidak terjadi monopoli mewakili Kaltim ke LPI 2013 Tingkat Nasional yang akan berlangsung di Manado, Oktober mendatang.
 
Itu setelah tim sepak bola SMP 8 Bontang di final kalah 1-3 dari SMP 8 Balikpapan (M Fathur '50; Dzaki '5, M Ramadhan '12, Vildan DS '57). Jika saja SMP 8 Bontang jadi pemenangnya, maka perwakilan Kaltim di LPI Nasional diwakili dua tim asal Bontang. Sebab, sebelumnya kesebelasan SMK 1 Bontang terlebih dulu keluar sebagai juara setelah di final menaklukkan SMK 13 Samarinda dengan skor 2-1 (Ramdan Ali '6, M Toha '23; Terens Onang '46).
 
Sedangkan tingkat Perguruan Tinggi (PT), keluar sebagai juara adalah kesebelasan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda setelah di final mengubur STT Migas Balikpapan 3-0 (M Said '72, '73, Fajar '79). Dengan demikian, 3 daerah yakni Balikpapan, Bontang, dan Samarinda berbagi untuk mewakili Kaltim ke LPI 2013 Tingkat Nasional di Manado.
 
Sedangkan perebutan ketiga, SMP 1 Malinau Utara mengalahkan SMP YPPSB Kutai Timur 2-0, SMK Geologi Kutai Kartanegara menang adu penalti 5-4 (1-1) atas SMA 3 Malinau, dan Universitas Balikpapan (Uniba) menundukkan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) 2-1. Selain itu, LPI IV 2013 Tingkat Provinsi Kaltim yang dikemas Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim ini, terpilih sebagai pemain terbaik adalah Dzaki (SMP 8 Balikpapan) kategori SLTP, Terens Onang (SMA 13 Samarinda) kategori SLTA, dan Dirgabrata Sena (Unmul Samarinda) kategori PT.
 
Kemudian, pencetak gol terbanyak Mayonda Virlo (SMP 8 Bontang) 6 gol, Imam Safi'i (SMA 13 Samarinda) 5 gol, dan M Said (Unmul Samarinda) 4 gol, Sementara itu SMP 2 Bulungan sebagai team fair play kategori SLTP, dan SMA 1 Penajam Paser Utara kategori SLTA, serta Unikarta Kutai Kartanegara kategori TP.
 
Para pemenang juara I hingga III masing-masing tingkatan menerima medali, trofi Gubernur Kaltim, dan uang pembinaan bervariasi Rp 25 juta, Rp 20 juta, dan Rp 15 juta. Sedangkan pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak menerima trofi dan uang Rp 3,5 juta. Untuk team fair play masing-masing menerima Rp 5 juta.
 
Penyerahan hadiah secara bergantian oleh Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Dikti Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim Basmen Nainggolan sekaligus mewakili Gubernur Kaltim, Ego Arifin (Dispora Kaltim), Heri Misnoto (Kadisdik Balikpapan), Budi Irawan (Pengprov PSSI Kaltim), Junaidi (Kabid Olahraga Dispora Kukar), dan Mayor Inf Frits Pelamonia (Danyon 600 Raider).
 
Basmen Nainggolan mewakili Gubernur Kaltim mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan bagi yang kalah jangan putus asa. “Anggaplah kegagalan kali ini sebagai sukses yang tertunda. Dari ajang ini didapatkan bibit-bibit pemain sepak bola yang berkualitas, sehingga dapat membawa nama baik Kaltim di tingkat nasional,” harap Basmen.
 
Sementara itu Sekretaris Panpel Sofyan Nur menjelaskan, event yang berlangsung selama sepekan diikuti sebanyak 675 atlet dari 11 kabupaten/kota. “Alhamdulillah, pelaksanaan berjalan lancar dan sukses. Terima kasih kepada seluruh peserta, maupun pihak-pihak yang terlibat dalam LPI 2013 tahun ini,” jelas Sofyan

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...