Tuesday, December 31, 2013

Piala Menpora Diawali dari Solo

SOLO, suaramerdeka.com - Kota Solo akan mengawali kejuaraan antar sekolah sepak bola (SSB) bertajuk Piala Menpora, Febuari 2014. Stelah berlangsung di Kota Bengawan, even khusus untuk pemain kelompok umur (KU) tahun itu bakal berlanjut ke Kudus, Kota Semarang dan Kota Yogyakarta.

"Setiap kota nanti diikuti sebanyak 14 SSB yang akan dibagi menjadi dua pul. Dua tim terbaik berhak ke semifinal dan setiap pekannya ada enam pertandingan," jelas panitia pelaksana (panpel) Agus Saparno, Jumat (27/12).
Menurut dia, Piala Menpora bakal berlangsung di 32 kota/kabupaten se Indonesia. Selain kota-kota yang sudah disebutkan, kejuaraan untuk anak kelahiran 2001 itu juga berlangsung di Aceh, Medan, Palembang, Jakarta, Bogor, Blitar, Surabaya dan Banyuwangi.
Termasuk dari Samarinda, Banjarmasin, Pontianak dan sejumlah daerah lainnya. "Dua tim terbaik di setiap kota akan maju ke babak nasional di Jakarta, 31 Mei 2014," imbuhnya.
Di Solo, rencananya kejuaraan akan berlangsung di Stadion Sriwedari. Berbeda dengan even sebelumnya, kali ini sistem pertandingan sudah menggunakan lapangan penuh. Praktis, meski durasi laga hanya 2x30 menit, jumlah pemain yang terlibat sama halnya dengan sepak bola sesungguhnya, 11 melawan 11. "Setiap tim hanya boleh diisi 20 pemain yang didaftarkan. Tapi yang ada di line-up hanya 18," tambah dia.
Dari kuota 14 tim, untuk wilayah Kota Solo sudah enam tim yang memastikan ambil bagian. Seperti SSB New Pelita Solo selaku tuan rumah. Lalu ada SSB Solo United, IM Sragen, Mandiri Sragen, Putra Utama Nguter Sukoharjo dan Pesat Karanganyar.
"Ada tim dari Pacitan yang bergabung ke Solo. Screening juga diperketat karena tim yang boleh ikut minimal sudah 2 tahun berdiri yang ditunjukan surat Pengcab PSSI masing-masing daerah," jelasnya.
Pelatih SSB New Pelita, Eko “Kodok” Setyanto mengaku persiapan timnya lebih difokuskan pada peningkatan fisik pemainnya. Faktor luas lapangan yang berbeda seperti biasanya menjadi perhatian bagi tim yang biasa berlatih di Stadion Sriwedari serta Lapangan Kotabarat tersebut.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...