Monday, February 3, 2014

Karakteristik usia 14 tahun dalam sepakbola

Jakarta-- Menurut tingkatan umur usia 14 Tahun, disebut sebagai kelompok usia krisis. Di masa ini pemain sulit belajar teknik sepakbola baru. Proses pubertas yang dialami di usia ini membuat pemain menjadi kaku dan lambat. Untuk itu, tujuan program latihan difokuskan pada:

  1. Memelihara kemampuan koordinasi dan kecepatan mengasah kemampuan daya tahan dan kekuatan. 
  2. Memberikan wawasan taktik unit sepakbola, baik dalam bertahan maupun menyerang.
  3. Mulai mengenalkan posisi spesifik untuk tiap pemain Umur.
Menurut buku AFC licence C Coaching Award, usia 14 tahun, sekarang ada dalam proses perkembangan mental. Anak-anak kecil menjadi remaja dan berada pada berbagai tahap pubertas. memiliki rasa memiliki dan prestasi, tahap awal kebebasan berkembang dan menjadi kritis diri, dan remaja muda sadar pujian, status dan pengakuan. anak muda memilih berhala dan mulai meniru semua karakteristik mereka positif dan negatif. dengan pelatihan yang baik metodis, menarik dan menantang, anak laki-laki bisa mengatasi banyak perubahan fisik ia mengalami di tahap kritis dari perkembangan ini. kaum muda belajar bawahan dirinya demi tim ini. memainkan permainan sisi kecil dari 4 v 4 sampai dengan 8 v 8 bermanfaat dalam mengembangkan keterlibatan permainan dan pemahaman dan gerakan umum menuju 11 v 11 sepak bola secara terkontrol mempersiapkan anak bagi keterlibatan permainan masa depan yang besar.
1)   Fase Formatif
Remaja muda mengalami perubahan biologis yang signifikan (fisik, psikologis, dan emosi) selama fase ini. Memahami perubahan ini dan membantu pemain datang untuk berdamai dengan tantangan baru penting untuk orang dewasa di sekitar mereka.
2)   Karakter usia 14 tahun
perubahan suasana hati yang bervariasi, pertumbuhan,aspek teknis yang matang dan mengerti taktis menjadi kepribadian individu dengan pendapat sendiri , kebutuhan dan harapan .
3)   Considerations/pertimbangan
a)   Menunjukkan kepercayaan, menghormati dan mengerti
b)   Menjelaskan perilaku yang diharapkan
a)   Meningkatkan kesadaran diri dan tanggung jawab
b)   Memahami dan berempati dengan pemain masalah pribadi dan keprihatinan.
dengan demikian yang perlu para pelatih ataupun orangtua perhatikan pada usia 14 tahun yaitu psikologis dan mental si pemain serta pemberian materi-materi latihan yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan yang diperlukan untuk usia 14 tahun.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...