Sunday, June 8, 2014

Ambisi Juara, China Dirikan Sekolah Sepakbola Terbesar Dunia



Dengan tujuan untuk menjadi kiblat sepakbola, China mendirika sekolah sepakbola terbesar di dunia.
Dengan lebih dari 50 lapangan dan 2.400 siswa, Evergrande International Football School menjadi pusat dan rencana ambisius China dalam usaha menjadi negara adidaya sepakbola.

China memiliki peringkat FIFA yang tergolong rendah, bahkan dibawah Botswana, Estonia, Kongo dan Qatar.
Dengan berdirinya akademi sepakbola terbesar ini mereka berharap akan terjadi perubahan besar untuk tim sepakbola China di waktu mendatang.
"Ini adalah mimpi kami. Ini merupakan hal yang kami usahakan," kata Fernando Sanchez Cipitria, mantan pemain internasional Spanyol yang kini menjabat sebagai direktur teknis dari Evergrande International Football School di provinsi selatan Guangdong.
Akademi ini dibuka pada tahun 2012 dan merupakan bagian penting dari rencana Beijing untuk membuat China sebagai raksasa sepakbola serta meningkatkan taraf ekonomi.
Presiden China Xi Jinping, merupakan salah seorang penggemar sepakbola, dan ia berencana akan menonton final Piala Dunia di Maracana Stadion Rio de Janeiro di bulan Juli.
Menurut media setempat, Xi Jinping berharap China akan menjadi tuan rumah dan menjadi pemenang Piala Dunia suatu saat nanti.
Untuk itu, ribuan anak-anak berbakat di bidang sepakbola telah direkrut sejak dini dan digembleng di akademi tersebut.
"Saya ingin menjadi bintang sepak bola," kata Teng Kaibo, salah seorang siswa berusia 11 tahun seperti dikutip Telegraph. "Saya harus mencuci pakaian dan menyiapkan tempat tidur sendiri. Saya suka sepak bola lebih dari apa pun. Saya ingin bermain setiap hari."
Teng mengaku menjadi fans berat Cristiano Ronaldo dan telah menanamkan tekadnya untuk menjadi bintang seperti CR7.
Dalam upaya untuk menggembleng anak-anak tersebut menjadi ‘Beckham’ dan ‘Neymars’, sejumlah pelatih dari Spanyol telah diimpor melalui kemitraan dengan Real Madrid.
"Saya tidak tahu apakah China dapat menjadi juara dunia tapi itulah tujuan kami," kata Sergio Sestelo, seorang mantan striker Spanyol.
"Ada potensi berlimpah pemain sepak bola disini karena jumlah penduduk yang sangat banyak, dan tugas kami adalah untuk menemukan bakat mereka dan bekerja keras agar suatu hari China bisa menjadi nomor dua di dunia," tambah Mr Sestelo sambil menyeringai.
"Setelah itu semua, Spanyol tetap menjadi nomor satu," katanya merujuk pada Spanyolyang telah mendominasi sepakbola dunia dan diperingkat 1 versi FIFA selama enam tahun

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...