Thursday, August 7, 2014

94 Pemain Ikut Seleksi Timnas U-14 & U-17



KUPANG,TIMEX - Jumlah peserta seleksi Timnas U-14 dan U-17 yang dilangsungkan di stadion Merdeka Kupang Senin (4/8) kemarin ternyata mengalami peningkatan. Dari 61 orang yang terdaftar sebelumnya, meningkat menjadi 94 orang peserta saat seleksi di gelar.
Seleksi pemain ini, dilakukan langsung Asisten pelatih Timnas U-14 dan U-17 Yeyen Tumena serta Agus Sugeng Riyanto yang telah tiba di Kupang sejak Minggu (3/8) siang.
Seleksi di gelar dalam dua sesi, yakni pagi hari mulai pukul 08.00 Wita dan sesi kedua dilanjutkan pukul 15.00 Wita. Di kedua sesi tersebut, para pemain di berikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam pertandingan yang berlangsung 1 x 20 menit, baik untuk pemain yang mengikuti seleksi timnas U-14 maupun U-17.
Selama pertandingan berlansung, Yeyen Tumena mengamati langsung aksi setiap pemain dan mencatat pemain-pemain mana saja yang dinilainya memiliki potensi.
Hasilnya, usai melakoni seleksi sore kemarin, Yeyen kemudian mengumumkan 25 nama pemain baik untuk timnas U-14 maupun U-17 (lihat grafis), yang berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya, yang akan dilangsungkan pagi ini di Stadion Merdeka mulai pukul 07.30 Wita. Dan salah satu materi seleksi yang akan dilahap para pemain tersebut adalah tes fisik khusunya VO2 Max.
Dari seleksi yang dilakukan pagi ini, nantinya Yeyen bersama Agus Sugeng Riyanto akan menentukan pemain-pemain mana saja yang lolos seleksi, dan nantinya akan mengikuti seleksi nasional di Sawangan bersama  peserta yang lolos seleksi dari berbagai daerah di Indonesia.
Sebelumnya dalam arahannya kepada para pemain, Yeyen mengungkapkan bahwa Tuhan memberi semua orang otak, tergantung orangnya mau pake atau tidak. Tapi Tuhan tidak memberikan semua orang bakat bermain bola. "kalian adalah orang-orang yang dipilih oleh Tuhan untuk mempunyai bakat sepakbola. Mungkin pak Lambert (lambert Tukan,red) pengen main bola tapi Tuhan tidak beri bakat kepada beliau," terangnya.
Jadi kalian harus bangga dan cinta dengan apa yang diberikan Tuhan. Caranya seperti apa? berlatih dengan baik, latihan keras dan punya cita-cita yang tinggi.  "Menurut saya Orang yang tidak punya cita-cita adalah orang yang sudah mati, buat apa dia hidup tapi tidak punya angan-angan dan pasrah dengan apa yang  dialakukan," paparnya.
Masih menurutnya, kita punya contoh ada dimana ada satu pemain NTT di Timnas U-19. "Kita anggap itu suatu keberhasilan dari NTT, tidak peduli dia main atau tidak, tapi dia tercatat sebagai pemain Timnas. Dan itu menunjukkan NTT punya potensi," ingatnya.
Potensi itu lanjut Yeyen, harus dijadikan motivasi buat kalian "saya juga bisa, saya bisa! Karena kalau kalian katakan bisa, maka 50 persen kesuksesan ada ditangan kalian," lanjutnya.
Yeyen berharap, para pemain tersebut dapat menunjukkan kemampuan yang terbaik dengan keterbatasan yang dimiliki. "Sepatu robek, lapangan tidak baik, bola tidak baik  tidak boleh jadi alasan. karena semua bermain di tempat yang sama dan pola yang sama. Semua tergantung kalian sendiri," katanya memotivasi para pemain tersebut sambil berharap melalui seleksi ini, pihaknya bisa menemukan talenta-talenta terbaik yang nantinya bisa memperkuat timnas.
Dalam kesempatan tersebut, Yeyen juga menjelaskan kenapa yang diseleksi adalag U-14 dan U-17? menurutnya, ini merupakan bagian dari persiapan Timnas dua tahun  sebelumhya, karena akan ada kualifikasi AFC u-16 tahun depan dan yang bermain adalah U-15. Selain itu, ada juga kualifikasu AFC U-19 dan yang akan bermain nantinya adalah U-17.
"Timnas U-19 yang sekarang ini hanya sampai bulan oktober. Setelah lewat bulan Oktober, usia mereka sudah lebih, sehingga diharapkan, kalian yang akan menjadi penggantinya," tuntasnya.
Ditambahkannya, seleksi seperti ini digelar hampir di seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk membuka selebar-lebarnya pintu untuk merekrut putra terbaik bangsa untuk memperkuat Timnas.


Read more: http://www.timorexpress.com/sportivo/94-pemain-ikut-seleksi-timnas-u14-dan-u17#.U-LvUfLfMOM.facebook#ixzz39lM2VRXS

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...