Sunday, August 17, 2014

Piala Soeratin Kembali Digelar

Sepakbola.com, Jakarta - Piala Soeratin, turnamen sepakbola Indonesia bagi pemain berusia 18 tahun. Piala yang diluncurkan pada tahun 1965, bertujuan untuk menjaring pemain usia muda yang berbakat mengolah kulit bundar di Tanah Air.


Nama Soeratin sendiri diambil dari ketua umum PSSI yang pertama yaitu Soeratin Sosrosoegondo. PSSI mengambil nama Soeratin untuk mengenang jasa beliau dalam membangun sepak bola Indonesia.

Pada tahun 1965, Presiden RI pertama Soekarno membuka kompetisi Piala Soeratin di Bogor, Jawa Barat. Dari itulah sepakbola Indonesia menunjukan taringnya di Asia. Hasil kompetisi dari Piala Soeratin, pemain Indonesia menjuarai berbagai turnamen, seperti di juara Piala Agakhan 1967 Bangladesh, Pesta Sukan 1972 Singapura dan medali emas di Sea Games tahun 1987.

Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) akan kembali menggelar turnamen Piala Soeratin yang sempat terhenti akibat konflik di tubuh PSSI. Setelah kisruh berakhir, PSSI kembali menggelar Piala Soeratin pada Agustus-Desember 2014 dan Piala Soeratin akan diarak keliling Indonesia untuk mewakili wilayah NKRI yang memiliki sejarah terkait Piala Soeratin.

"PSSI memandang kompetisi usia muda, merupakan pondasi pembinaan pesepakbola usia muda. Kembalinya kompetisi Piala Soeratin 2014 akan menjadi pintu bagi pemain usia muda untuk Indonesia," kata Tommy Welly, Direktur Kompetisi PSSI.

PSDS Deli Serdang menjuarai tahun 2012, sebelum berhentinya kompetisi Piala Soeratin. Peserta yang ingin mengikuti Piala Soeratin 2014 adalah pemain yang kelahiran 1 Januari 1997. Dengan adanya Piala Soeratin 2014 kembali, pemain muda Indonesia bisa menghasilkan prestasi untuk timnas Indonesia.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...