Wednesday, September 10, 2014

Akademi Barca Raup Keuntungan Terbesar



FC Barcelona membuktikan sebagai klub yang punya model bisnis yang baik. Dengan adanya Akademi untuk para pesepakbola berbakat La Masia, FC Barcelona tidak hanya meraup untung dari Liga senior tapi juga dari pemain muda yang berkualitas. La Masia  menjadi pensuplai pemain muda terbanyak di bursa transfer musim panas ini.


La Masia telah membuktikan sebagai akademi sepakbola yang berhasil menciptakan banyak pemain bintang. Hasil binaan La Masia ini juga telah di akui sebagai sekolah sepakbola terbaik didunia. La Masia resmi di buka pada 1979 sebagai pembibitan pemain muda sepakbola.

FC Barcelona juga meraup keuntungan besar dari pembinaan tersebut, dimana lulusan Akademi yang menjadi pilar untuk timnas Spanyol, Barca juga meraup keuntungan yang sangat luar biasa. Saat ini La Masia bukan hanya di anggap sebagai pencipta pesepakbola berbakat, Namun Barca juga membuka bisnis dari penciptaan bibit-bibit muda.

Jumlah keuntungan yang raup Barca juga terbilang fantastis, mereka berhasil medapatkan 112,7 juta euro, atau setara dengan Rp.1,7 triliun dari hasil penjualan pemain Akademi tersebut. Dalam dua musim terakhir La Masia telah mencapaipenjualan sebanyak 60% dengan jumlah 65,9 juta euro.

Dari catatan penjualan lulusan La Masia, Thiago Alcantara dan Cesc Fabregas membukukan sebagai pemain termahal dengan harga 58 juta euro. disusul Bojan Krkic yang menempati posisi kedua yang di banderol 12 juta eouro ke AS Roma. selebihnya Thiago Motta, Jenfren, Giovano Dos Santos, Oleguer dan Oriol Romeu di jual dengan harga 10 juta euro sekaligus menjadi ketiga dari harga terbesar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...