Wednesday, September 17, 2014

Gocekan Maut Maldini Pali Berbuah Rumah Seharga Rp 680 Juta


Gocekan Maut Maldini Pali Berbuah Rumah Seharga Rp 680 Juta
TRIBUNNEWS.COM - Nama Maldini Pali melesat bak roket ketikaTimnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF 2013 di Sidoarjo. Pemain kelahiran Mamuju, Sulawesi Barat ini menarik perhatian karena aksinya menyisir sisi kiri pertahanan lawan untuk menghadirkan peluang bagi pasukan Garuda Jaya mencetak gol.

Maldini mengawali kariernya di kompetisi lokal bertajuk Tashan Cup. Setelah itu, dia mulai menapak ke level lebih tinggi ketika terpilih mengikuti Piala Suratin di Sinjai, dan mereka berhasil menjadi juara. Kiprah pemain kelahiran 25 Januari 1995 ini membuat SSB Hasanuddin Makassar tertarik untuk merekrutnya, yang kemudian membawanya tampil di turnamen Walikota Cup U-15 di Makassar.
Kariernya kian menanjak tatkala putra dari pasangan pecinta bola, Paulus Pangloli Pali dan Esti Tambing, ini lolos seleksi Timnas U-16 di Uzbekistan. Penggemar Franck Ribery dan Lionel Messi ini lalu terpilih menjadi satu dari tiga utusan Indonesia yang berlatih di Leicester City, Inggris, selama tiga bulan.
Bakatnya yang menonjol, membuat dia terus menapaki level yang lebih tinggi dengan memperkuat Timnas U-17 sebelum dipanggil pelatih Indra Sjafri bergabung dengan Timnas U-19.
Di sinilah (Timnas U-19) nama Maldini mulai dikenal pecinta sepak bola Indonesia. Apalagi mereka meraih kesuksesan menjuarai Piala AFF U-19, kemudian dilanjutkan dengan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Asia U-19.
Nah, dalam perjalanan meraih tiket AFC Cup inilah Maldini menyita perhatian. Ketika melawan Korea Selatan dalam laga pamungkas penyisihan Grup G di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Maldini yang beroperasi di sisi kanan membuat para pemain belakang Korsel keteteran.
Dia pun memberi assist kepada Evan Dimas untuk mencetak gol kedua Indonesia sebelum akhirnya menang 3-2 atas tim yang selama ini menjadi momok sepak bola Asia, dan menjadi juara grup.
Atas prestasinya itu, Maldini pun dihadiahi rumah senilai Rp 680 juta oleh Pemerintah Provinsi Sulbar. Sebuah imbalan yang terbilang fantastis bagi seorang pemain muda.
Seperti pernyataan Gubernur Anwar Adnan Saleh pada 17 Oktober 2013, bantuan tersebut dikategorikan Bantuan Prestasi karena Maldini memberikan harapan besar di tengah keterpurukan prestasi internasional Indonesia.
"Saya ini pecinta bola, setiap pertandingan bola sejak muda selalu saya ikuti. Tapi waktu lihat pemain nomor 15 goreng bola, saya bilang dia ini yang jago," ujar Anwar, yang sempat tak percaya jika pemain yang menyita perhatiannya tersebut adalah putra Mamuju.
Perjalanan Maldini dan Timnas U-19 belum berakhir. Mereka kini menjadi harapan publik Tanah Air untuk menorehkan sejarah baru ketika tampil di Piala AFC U-19 di Myanmar pada Oktober mendatang.
Target minimal menembus semifinal telah dicanangkan, sehingga Indonesia bisa tampil di Piala Dunia U-20 pada 2015 mendatang di Selandia Baru. Semoga Maldini dkk bisa mewujudkannya.
Profil singkat
Nama Lengkap : Maldini Pali
TTL: Mamuju, Sulawesi barat, Indonesia/25 Januari 1995
Posisi: Gelandang sayap

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...