Friday, September 19, 2014

Pembinaan Sepak Bola Wanita Bakal Dikembangkan di SSB

Ilustrasi sepak bola wanita
beritasatu.com Jakarta - Direktur Kompetisi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Tommy Welly mengemukakan, pihaknya memiliki rencana tentang pengembangan sepak bola wanita di Indonesia.

Kejuaraan nasional sudah mulai berjalan setelah empat tahun vakum, dan pembinaan usia muda juga dilakukan.
Towel, panggilan akrabnya, ingin agar ada lebih banyak perempuan muda yang bermain sepak bola. Pria yang kerap tampil di televisi sebagai komentator sepak bola ini memilih sekolah sepak bola sebagai tempat pembibitan.
"Sekolah juga sebetulnya bisa dimasuki, cuma masalahnya apakah mereka punya lapangan?. Bagaimana dengan pelatihnya?," katanya, di Jakarta, Senin (15/9).
"Saya lebih memilih SSB karena pelatihnya sudah paham melatih sepak bola. Kalau di sekolah biasanya cuma guru olahraga biasa," Towel melanjutkan.
Saat ini, Towel melihat, sudah ada beberapa SSB yang punya murid perempuan. Misalnya, Anabelle Daphne (13) yang berlatih di SSB Si Doel Gelora Ragunan, Zahra (14) yang berlatih di SSB ASIOP Apacinti.
Beberapa klub pun ada yang memiliki tim wanita. Persipura salah satunya. Di klub itu, Christine (19), gelandang tengah Papua B, berlatih dalam dua tahun terakhir. Jadwal latihannya tiga kali seminggu, pukul 15.00 - 17.00 WIT.
Christine mengatakan, tak banyak SSB di Papua yang punya murid perempuan. Untuk itu secara pribadi dia berharap program PSSI bisa berjalan mulus.
"Kalau makin banyak yang main tentu senang. Saya juga senang kalau ada kejuaraan yang rutin digelar setiap bulan," ujar mahasiswi Universitas Cendrawasih ini.
Towel menjelaskan, jika rencana PSSI berjalan lancar, sepak bola Indonesia sudah akan bisa berbicara di tingkat Asia Tenggara lima tahun mendatang.
Dalam rencana jangka panjang, Towel menjadikan Nadeshiko, tim nasional sepak bola wanita Jepang, sebagai referensi. Jepang memiliki Liga Nadeshiko, untuk pesepakbola wanita, yang punya tiga tingkat divisi dan sudah berjalan puluhan tahun. Hasilnya, Nadeshiko tak cuma kekuatan besar di Asia tapi juga dunia.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...