Thursday, September 4, 2014

PSSI Siap Gulirkan Piala Soeratin

PSSI Siap Gulirkan Piala Soeratin
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PSSI kembali menggelar turnamen sepak bola Piala Soeratin. Bergulirnya turnamen bagi pesepakbola berusia 18 tahun ke bawah itu ditandai dengan launching Trophy Soeratin dan Ambasador Piala Soeratin.

Acara launching Trophy Soeratin dan Ambasador Piala Soeratin akan berlangsung pada Minggu (7/9/2014) sore, di Pintu Merah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pada gelaran tahun ini, Piala Soeratin akan berlangsung pada September-Desember.
Piala Soeratin bukan kompetisi baru di belantara sepak bola Indonesia. Digelar pertama pada 1965 atau 35 tahun setelah PSSI berdiri, Piala Soeratin berjalan konsisten sebelum terhenti sejak pergelaran 2012 yang dijuarai PSDS Deli Serdang.
Bidang Kompetisi PSSI yang digawangi Tommy 'Towel' Welly merancang sistem kompetisi Soeratin Cup yang lebih komprehensif. Sebut soal batasan usia kontestan. Jika sebelumnya di bawah 18, ke depan di bawah 17.
Skema kompetisi pun bertahap. Dimulai di tingkat provinsi, regional hingga nasional. Jumlah klub kontestan di tingkat provinsi tak sama. Bergantung kesiapan dan jumlah anggota setiap Asprov PSSI.
Dengan begitu, kuota klub yang lolos ke tingkat regional tak sama. Tingkat regional dibagi 2 tahap yang libatkan 64 klub. Lewat sistem knock out home and away, 32 klub melaju ke tahap II, di tahap II tersaring 16 klub.
Mereka bersaing di tingkat nasional. Dibagi 4 grup, memainkan sistem home turnamen. Juara dan runner up grup ke 8 besar yang berlakukan sistem knock out. Klub pemenang tampil di semifinal yang kemudian hasilkan 2 finalis buat berebut mahkota juara Piala Soeratin.
Seru dan memang perlu, itu pasti. Cuma, lantaran vakum sejak 2012, PSSI siap gaungkan gereget Soeratin Cup dengan cara spesial. Tur trofi dikemas, ambassador dimunculkan. Sang ambassador adalah pemain timnas yang melesat dari Soeratin Cup.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...