Sunday, October 5, 2014

SSB Saswco Lahirkan Ferdinand dan Shahar Ginanjar



Bandung selalu melahirkan pesepak bola andal. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini tak pernah kekurangan bibit pemain sepak bola berkualitas.
Kini, puluhan dan mungkin ratusan sekolah sepak bola (SSB) juga bermunculan di Kota Bandung. Misi suci mereka seragam, melahirkan dan membina bibit unggul yang diharapkan jadi bintang sepak bola Bandung di masa depan.

Salah satu SSB itu adalah Saswco yang sangat serius melakukan pembinaan pemain usia dini. Kini, beberapa prestasi sudah mereka torehkan. Salah satunya prestasi yang diraih Saswco KU-10 yang ditangani dua pelatih Ismu Suardiman dan Andri Koswara.
Dalam sebulan terakhir, Saswco KU-10 sudah memperoleh dua gelar juara di dua ajang berbeda. Mereka juara Festival Sepak Bola Piala Pangdam Siliwangi dan Festival Sepakbola Piala Danyon Arhanudri-3 ke IX/2014. Selain gelar juara, seorang pemainnya, Jalaludin Al-Suyuti menjadi top skor pada dua ajang tersebut.
Meski masih berumur 10 tahun, pemain cilik Saswco begitu mahir memainkan si kulit bundar. Mereka terlihat kompak, dan mempunyai ciri khas sendiri dalam bermain.
"Sebelum pertandingan, para pemain dikumpulkan dalam satu rumah. Lalu main bersama, sehingga komunikasi terjalin dari situ," ungkap pelatih Saswco KU-10, Andri Koswara.
Meski demikian, melatih anak-anak bukan tanpa kendala. Andri menuturkan, kebanyakan anak pada usia tersebut masih memilih lebih banyak bermain daripada belajar.
"Ada beberapa pemain, yang masih keluar naluri anak-anaknya. Mereka main-main dan ketawa-ketawa. Ya, kita sabar sambil mengarahkannya," kata Andri yang pernah menempuh pendidikan di STKIP Pasundan Cimahi tahun 2008.
Di samping itu, dukungan dari berbagai pihak sangat berpengaruh bagi anak-anak untuk berkembang dalam permainan dan pembentukan mental bertanding. "Orang tua, pelatih bahkan pemain sendiri harus saling mendukung," jelasnya.
Saswco yang berdiri sejak tahun 2001 telah mencetak banyak pemain unggul. Di antaranya kiper timnas Indonesia Shahar Ginanjar dan Penyerang andalan Persib Ferdinand Alfred Sinaga. Dan bukan tidak mungkin akan ada banyak pemain lagi yang akan dimunculkan oleh SSB tersebut.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...