Tuesday, November 18, 2014

Kiprah SSB Padang United



Gerah melihat mental korup elite bangsa dewasa ini, Miko Kamal mendirikan sekolah sepakbola dengan misi mendidik anak agar punya mental jujur dan peduli pada sesama.
Pengacara dan dosen ini mendirikan sekolah sepakbola (SSB) yang diberi nama Padang United pada 19 Mei 2012 lalu, setelah menyelesaikan kuliah S-3 di Australia.
Pendirian SSB itu didedikasikan untuk membangun karakter anak melalui  sepakbola. Dengan memiliki logo lebah, yang berarti bermanfaat, dan moto “jujur peduli dan berprestasi”.

“Saat di Australia, saya melihat di sekolah anak-anak diajarkan agar tidak membuang sampah sembarangan dan budaya antre, termasuk anak saya. 
Berbeda sekali dengan kondisi di Indonesia. Karena itu, saya terinspirasi mendidik mereka sejak dini, namun tidak melalui pendidikan formal,” kata Miko Kamal beberapa waktu lalu di kantornya di Toko Buku Sari Anggrek di Jalan Permindo Padang.
Murid SSB Padang United ada 100 anak. Anak-anak tersebut latihan setiap hari, Kamis dan Sabtu, di lapangan PJKA. Bertindak sebagai pelatih Hasan Pramono, mantan pemain Semen Padang, Suherman mantan pemain PSMS Medan dan pelatih kiper, Ruben Kristov.
Miko Kamal yang juga Koordinator Gerakan Lawan Mafia Hukum (GLMH) Sumbar ini, menjadikan SSB sebagai medium pembentukan karakter anak. Sebelum latihan, ada ritual memungut sampah dan budaya antre ketika ingin minum sehabis latihan.
SSB Padang United ini juga membentuk komunitas keluarga Padang United. Setiap bulan dilakukan pengajian antarkeluarga yang dilaksanakan di Sari Anggrek, sehingga membentuk keakraban antara pemain dan keluarganya.
Tidak hanya itu, SSB Padang United memiliki agenda tour keluar daerah seperti Sawahlunto, Bukittinggi dan lainnya. “Dalam setahun ada dua kali ke luar kota,” lanjut Miko Kamal.  “Rencananya, dalam waktu dekat ini kami tour ke Pariaman,” tambahnya.
Di bidang prestasi, SSB Padang United pernah menjadi Juara Liga ASSB U-16, mengalahkan PSTS di final dan Juara 3 Turnamen Brimob U-12. Ke depan, SSB makin aktif mengikuti berbagai turnamen di Padang, dan Sumbar.
“Insya Allah prestasi anak-anak yang belajar sepakbola di SSB Padang United akan diraih dengan jalan berlatih dengan serius serta senantiasa mengaktualisasikan nilai kejujuran dan kepedulian,” harap Miko.
Miko mengatakan, anak-anak yang selalu menginternalisasikan nilai-nilai kejujuran dan kepedulian dalam meraih prestasi adalah tunas bangsa yang sedang mengasah karakter pribadi yang akan ditularkan menjadi karakter bersama. 
“Beginilah cara kami di SSB Padang United ikut serta membangun karakter bangsa yang sedang ramai dibicarakan publik. Kami yakin, karakter harus dilatih atau dipraktikkan, bukan hanya didendang-dendangkan atau diajarkan dalam bentuk teori-teori,” sebutnya. 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...