Tuesday, December 2, 2014

Teknik Meninggikan Badan


Rata-rata tinggi pemain di Piala Dunia 2014: terendah Chile 175,6 cm dan tertinggi German 185.7 cm. Sedangkan wakil dari Asia (dimana Indonesia) termasuk di dalamnya, Korea 183,7 cm dan Jepang 178 cm. Melihat hal ini, para bibit-bibit pesepakbola Indonesia harus bertekad meningkatkan bukan hanya skill & teknik, tapi juga fisik termasuk tinggi badan.

Berikut beberapa teknik mudah & alami yang bisa diterapkan SENDIRI, di rumah masing-masing:


OLAH RAGA

1. Vertical Hanging

 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
vertical hanging
Cara vertical hanging, adalah olahraga bergelantungan dimana kedua tangan anda memegang besi tinggi yang dapat menopang berat badan anda. Olahraga ini terlihat sangat sederhana dan gampang tetapi jika dicoba akan terasa sulit untuk latihan awal. Olahraga ini sangat berguna untuk meningkatkan tinggi badan, karena dapat memperluas dan memperpanjang kartilago pada tulang belakang sehingga dapat meninggikan tinggi badan anda.

2. Cobra Stretch

Cobra Stretch 300x199 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
Cobra Stretch
Sama dengan nama olahraga tersebut posisi olahraga ini seperti ular kobra. Caranya hanya baringkan badan anda dalam posisi telungkup dilantai dengan menggunakan alas matras, lalu angkat badan bagian atas secara perlahan dengan telapak tangan sebagai tumpuan dilantai lalu tahan selama 15 detik dan kembali keposisi awal secara perlahan. Manfaat olahraga ini diantaranya dapat meregangkan tulang bagian atas sehingga mempertambah tinggi badan anda.

3. Pilates Roll Over

Pilates Roll Over 300x195 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
Pilates Roll Over
Olahraga ini berguna untuk memperpanjang tulang bagian leher dan meregangkan tulang belakang. Tetapi tidak gampang melakukan olahraga pilates roll over karena selain sulit, olahraga ini butuh keseimbangan badan. Cara olahraga ini lentangkan badan anda pada lantai, gunakan matras agar kulit tidak sakit jika terjadi gesekan pada lantai. Kemudian angkat kaki perlahan keatas hingga melewati kepala. Hati-hati dengan olahraga ini, jika salah atau tanpa pelatih dapat menyebabkan luka.

4. Pilates Spine Stretch

Pilates Spine Stretch 300x224 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
Pilates Spine Stretch
Olahraga ini tidak jauh dengan olahraga yang sebelumnya, berguna untuk meregangkan tulang punggung. Caranya lumayan sulit untuk orang yang belum terbiasa, siapkan matras dilantai lalu duduk dengan kaki memanjang lurus dan lebarkan antar kaki dengan jarak selebar bahu, engkel kaki ditekuk. Posisi badan duduk tegak, lentangkan tangan ke arah depan kira-kira setinggi bahu lalu perlahan bungkukan badan kedepan dan coba untuk menyentuh ujung jari kaki anda lalu tahan kira-kira 10-15 detik dan kembalikan posisi badan kembali tegap secara perlahan. Jika anda dapat menyentuh ujung jari kaki anda atau lebih, berarti anda berhasil meregangkan tulang belakang sampai tingkat fleksibelitas yang tinggi.

5. Angkle Weights

Angkle Weights 300x300 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
Angkle Weights
Olahraga ini bertujuan untuk menambah panjang ukuran kaki, dengan cara meregangkan tulang rawan diantara lutut anda, melakukan olahraga ini secara rutin dapat membantu memanjangkan ukuran kaki dan menambah massa tulang rawan anda yang akhirnya membantu menambah tinggi badan anda. Caranya cukup mudah, duduk dikursi yang cukup tinggi hingga telapak kaki anda tidak menyentuh lantai lalu gunakan bobot pada pergelangan kaki, untuk memulainya berikan bobot yang tahap ringan saja, dan seiring waktu berikan bobot yang semakin berat. Caranya gunakan bobot pada pergelangan tangan lalu tarik kaki ke arah bawah sebanyak 5-10 kali, lalu tendang ke arah depan 5-10 kali. Lakukan latihan ini 3x dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

6. Side Bends

Side Bends 300x229 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
Side Bends
Olahraga dengan cara memiringkan tubuh kesamping. Olahraga ini dapat membantu meninggikan badan dan melenturkan tulang punggung, dengan cara menarik tubuh ke samping dan tahan selama 15 detik, posisi kaki tetap tegak dilantai. Olahraga ini selain dapat meninggikan badan, juga dapat mengecilkan perut yang buncit.

7. Vertical Strecth

Vertical Strecth 200x300 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
Vertical Strecth
Jika anda tidak terbiasa atau malas berolahraga, vertical strecth dapat menjadi alternatif buat anda karena caranya yang sangat gampang dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cara olahraga ini, dengan posisi badan berdiri tegak dan angkat tubuh anda dengan jari-jari kaki, sambil lentangkah tangan keatas dan tarik tubuh keatas sebisa mungkin dan tahan kurang lebih 30 detik. Latihan ini berguna untuk merenggangkan tulang belakang dan membantu anda tumbuh lebih tinggi.

8. Vertical Bends

Vertical Bends 300x202 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
Vertical Bends
Olahraga ini adalah salah satu olahraga yang sangat baik untuk meninggikan badan karena membuat tulang belakang menjadi fleksibel. Caranya berdiri dengan posisi kaki sedikit direnggangkan, lalu membungkuk hingga telapak tangan menyentuh lantai tanpa menekuk lutut. Awalnya mungkin akan sakit, tetapi lakukan gerakan ini setiap hari hingga telapak lantai perlahan menyentuh lantai

9. Skipping ( Lompat Tali )

skipping 207x300 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
skipping
Skipping alias lompat tali adalah olahraga yang menggunakan alat bantu tali, olahraga yang sangat populer saat masa kecil ini ternyata adalah olahraga yang banyak manfaatnya, selain dapat menambah tinggi badan ternyata skipping dapat membakar 450 kalori dalam 30 menit latihan. Selain dari pada itu manfaat skipping adalah dapat melawan osteporosis dan meningkatkan konsentrasi. Caranya pun sangat mudah tinggal siapkan tali skipping lalu melompatlah. Lakukan olahraga ini selama 30 menit 3x dalam seminggu agar dapat hasil yang optimal.

10. Basket

basket 300x225 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
basket
Olahraga ini terkenal dikalangan anak kecil hingga remaja, bahkan sampai orang dewasa pun masih saja ada yang hobi bermain basket, olahraga ini seperti skipping, berguna meregangkan tulang dari kaki hingga pungung, sehingga sangat cepat menambah tinggi badan, terutama bila pada masa pertumbuhan. Selain olahraga ini membutuhkan kelompok, olahraga inipun termasuk olahraga yang sangat menyenangkan, hampir setiap sekolah mengadakan ekstrakulikuler basket. Tunggu apa lagi? Bila ingin tubuh bertambah tinggi, anda dapat segera mendaftarkan diri ke organisasi basket.

11. Berenang

berenang 300x193 Cara Terampuh Menambah Tinggi Badan Hingga Usia 30 Tahun
berenang
Olahraga ini adalah salah satu olahraga yang memerlukan perhatian khusus bagi anda yang tidak bisa berenang. Olahraga ini sangat membantu dalam masa pertumbuhan anak remaja. Sehingga pada sekolahan SD, SMP hingga SMA siswa dan siswi sering diwajibkan untuk mengikuti jadwal berenang disekolah, selain bertujuan membuat para siswa aktif, guru pun ingin membuat para siswa merasakan manfaat berenang secara signifikan. Gaya berenang bermacam-macam, diantaranya gaya katak, gaya kupu-kupu, gaya renang bebas dan lain-lain. Namun harus diketahui pada masa pertumbuhan remaja, ada fase dimana pertumbuhan lambat dan pertumbuhan cepat, pertumbuhan lambat pada anak remaja berada sekitar usia 16-17 tahun sedangkan pertumbuhan cepat dimana hormon-hormon meningkat secara aktif adalah pada masa puber sekitar usia 9-12 tahun. Selain untuk menambah tinggi badan, renang pun memiliki banyak manfaat, diantaranya melatih paru-paru, mengurangi penyakit asma, meningkatkan metabolisme tubuh dan lain-lain.

POLA MAKAN & ISTIRAHAT
1. Posisi Tidur
Sering kali seseorang tidur dengan posisi yang salah yang dapat menyebabkan postur tubuh menjadi tidak benar, seperti tubuh yang bungkuk dan sebagainya. Posisi tidur yang benar adalah terlentang, kepala menghadap keatas, kaki lurus, serta tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

2. Tidur Teratur & Tidak Begadang

Jika Anda sudah berolahraga dengan susah payah dan Anda begadang pada malam harinya, maka jerih payah Anda berolahraga menjadi sia-sia. Hal ini karena hampir 95% pertumbuhan manusia terjadi pada saat keadaan tidur. Pada saat keadaan beraktivitas secara normal, terjadi lonjakan hormon pertumbuhan manusia yang cenderung terjadi sekitar satu sebelum waktu tidur. Maka untuk itu tidur secara teratur adalah hal yang wajib dilakukan untuk menambah tinggi badan.
3. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Kalsium adalah mineral yang penting bagi pertumbuhan tulang, antara lain untuk metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, mencegah osteoporosis, kinerja kerja jantung, pergerakan otot, dan sebagainya. Sumber kalsium terdapat pada makanan seperti : telur, pisang, susu, keju, yogurt, dan masih banyak lagi.

4. Hindari Makan Sebelum Tidur


2 jam sebelum tidur usahakan untuk tidak makan, hal ini dikarenakan makan sebelum tidur dapat memicu hormon insulin yang dapat menghambat distribusi hormon pertumbuhan badan.

5. Hindari Mengkonsumsi Makanan Penghambat Pertumbuhan Tulang

Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang banyak, junkfood, gorengan. Hindari juga minuman bersoda, mengandung kafein, alkohol karena dapat menghambat hormon pertumbuhan manusia atau HGH dan memperlambat penyerapan kalsium yang sebagaimana tentunya menghalangi pertumbuhan tulang. Anda dapat minum susu sebagai sumber kalsium bagi tubuh.


6. Menjaga Postur Tubuh

Untuk menjaga bentuk tulang belakang, hendaknya untuk tetap menjaga postur tubuh kita agar tidak terlihat bungkuk. Ketika sedang duduk, menulis di meja, ataupun berjalan. Sebisa mungkin untuk menjaga jaga postur dalam posisi tegak agar hal tersebut tidak mempengaruhi bentuk tulang belakang.

7. Cukupi Nutrisi Dalam Tubuh

Mencukupi proteinvitamin dapat membantu untuk menambah tinggi badan dengan cepat. Sumber makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan tulang seperti yoghurt, telur, susu, keju, daging yang merupakan sumber dari zinc, magnesium, dan chromium kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...