Monday, February 23, 2015

SSB MU Goes To Paraguay



FAJARONLINE, MAKASSAR — Jika kita menyebut nama Richard Ceceres, pecinta sepakbola Indonesia akan mengingat dia sebagai salah satu pemain asing yang tertunggak gajinya di Persiba. Namun hal itu ternyata tidak membuatnya kecewa. Alih-alih sakit hati, Richard justru membawa kebanggaan dari Indonesia, khususnya Makassar dengan mendirikan Makassar United Escuela de Futbol (MU-EF) di Paraguay.

Richard memang sempat memperkuat Makassar United (MU), salah satu penampilannya yang paling diingat saat bermain di Celebes Championship. Saat dihubungi FAJAR, Jumat 20 Februari, Richard mengaku bangga pernah berkiprah di Indonesia. “Sekolah sepakbola ini saya dirikan dengan kebanggan itu, saya ingin sepakbola Indonesia lebih dikenal disini,” jelasnya.
Richard menjelaskan MU-EF ia rintis sejak 2014. Saat ini telah memiliki 30 siswa. Mereka menggunakan kurikulum sepakbola usia dini sesuai standar federasi sepakbola dunia (FIFA). Selain itu, SSB di Paraguay mulai rutin mengajak MU-EF berlatih tanding. “Kelak mereka akan jadi pesepakbola dunia,” ujarnya.
Pemilik MU, Ryan Latief mengapresiasi inisiatif dari Richard. Menurutnya, hal ini seharusnya jadi motovasi bagi pegiat sepakbola, bahwa orang asing saja cinta dengan sepakbola Indonesia apalagi kita sebagai orang Indonesia asli. “Ini juga sekaligus promosi nama Makassar di sana,” kata Ryan.
Pihak MU dalam waktu dekat akan mengagendakan kunjungan ke MU-EF, sambil memberikan bantuan. Ryan juga menjajaki kemungkinan pertukaran siswa SSB Indonesia dengan Paraguay. Hadirnya MU-EF yang digagas Richard menambah daftar pemain asing yang mempromosikan Makassar. Sebelumnya, Luciano Leandro juga menamai hotelnya di Brazil dengan nama Makassar Hotel.
- See more at: http://fajar.co.id/fajaronline-sulsel/2015/02/20/ssb-mu-goes-to-paraguay.html#sthash.NYuXPN6f.dpuf

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...